Berwisata Menikmati Alam Sambil Belajar Sejarah, Di Gunung Kunci Sumedang

Gunung Kunci

Tri Jati Travel – Wisata sejarah di Gunung Kunci Sumedang merupakan salah satu bentuk wisata budaya.

Wisata budaya memiliki arti sebagai perjalanan yang dilakukan atas dasar keinginan untuk memperluas pandangan hidup seseorang dengan mengunjungi, mempelajari tentang keadaan masyarakat pada jamannya, adat istiadat sdan gaya hidup, budaya dan seni suatu daerah.

Kawasan warisan sejarah merupakan hal yang ditemui di sebuah kota yang memiliki sejarah yang panjang, sering kali ditemukan di tengah kota karena kawasan warisan sejarah adalah cikal bakal kota tersebut.

Wisata utama Sumedang adalah Gunung Kunci karna sejarahnya yang menjadi saksi kejayaan Sumedang.

Nama Gunung Kunci berasal dari sebutan Belanda untuk tempat pertahanan sebagai kunci pertahanan terbesar.

Baca Juga  Ranca Cangkuang Salah Satu Hidden Paradise di Kabupaten Bandung

Gunung Kunci merupakan tempat wisata yang berada di Jalan Pangeran Sugih, Sumedang, Jawa Barat. Pada jaman dahulu, Gunung Kunci adalah tempat yang memiliki sejarah kuat dengan peninggalan penjajahan Belanda. Saat ini, Gunung Kunci diketahui sebagai objek wisata Sumedang. Terdapat simbol dua kunci saling silang di pintu gerbangnya.

Dibangun sekitar tahun 1914 sampai 1917 oleh jenderal dari negeri kincir angin itu. Di sekitarnya, terdapat benda bersejarah, benteng pertahanan (Bunker). Tempat ini buka pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan tiket seharga Rp.3.000 saja bagi dewasa/ umum, Rp.2.000 untuk anak kecil, Rp.20.000 bagi pelancong asing, dan Rp. 50.000 bagi juru foto.

Baca Juga  Sumedang Surga Wisata yang sering terlupakan, banyak cerita tersembunyi didalamnya

Perusakan oleh siapapun dalam bentuk apapun akan didenda ratusan juta. Hal itu telah diatur dalam Undang-undang Kehutanan untuk menimbulkan efek jera.

Luas benteng ini kurang lebih sekitar 2.600 m2 dengan luas bunker yang mencapai sekitar 450 m2. Rincianya, benteng ini terdiri dari tiga lantai, meliputi ruangan untuk prajurit, perwira, tahanan dan benteng itu sendiri. Semua dilapisi dengan beton setebal 1 meter.

Beberapa ruangan terdapat meja, tempat duduk dan tempat tidur yang semuanya juga dibuat dari beton. Ditambah pula dengan lorong yang memiliki panjang kurang lebih 200 m dan memiliki penghubung antara ruangan dengan gua-gua buatan yang ada di dalamnya.

Baca Juga  Nabawadatala Salah Satu Hiddem Gemnya Kota Sumedang

Gunung Kunci juga memiliki daya tarik yaitu keindah alam nya. Pada objek wisata ini banyak terdapat pohon-pohong rindang yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan udara lebih segar. Selain itu kita juga dapat melihat keindahan pemandangan kota sumedang dari ketinggian.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *