Ini 5 Destinasi Wisata Sumedang yang Layak di Nikmati, Selama Libur Idul Fitri

Destinasi Wisata di Sumedang

Tri Jati Travel – Ada banyak tempat menarik untuk menjadi Objek Destinasi Wisata Sumedang, yang kini terkenal dengan sebutan Kota Tahu, Kabupaten Pariwisata dan dahulunya adalah sebuah Kerajaan Besar.

Belakangan ini makin terkenal, apalagi setelah kasus Yana Cadas Pangeran yang menggegerkan dunia (dunia maya dan dunia nyata).

Sumedang merupakan kabupaten yang berada di Jawa Barat yang terletak di antara dua Kota Metropolitan, yakni Metropolitan Bandung Raya dan Metropolitan Cirebon Raya.

Secara lalu lintas, Kota Sumedang bisa dijangkau melalui udara maupun darat. Melalui udara, bisa melalui dua Bandara, yakni Bandar Udara Kertajati di Majalengka dan Bandar Udara Husein Sastra Negara di Bandung.

Sedangkan melalui darat bisa melalui Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang Dawuan) yang terkoneksi dengan jaringan jalan Trans Jawa. Tol Cisumdawu sendiri merupakan tol terindah di Indonesia dan memiliki dua terowongan terpanjang.

Kini, Sumedang memiliki obyek wisata yang dapat diperhitungkan. Di bawah ini, 5 rekomendasi obyek wisata yang patut dikunjungi dan dinikmati.

Bandung Giri Gahana
Bandung Giri Gahana
  1. Bandung Giri Gahana Golf

Bandung Giri Gahana Golf (BGG) merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di Sumedang. Lokasi tepatnya berada di Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang-Jawa Barat.

BGG memiliki lahan seluas 125,5 hektar yang merupakan lahan golf dengan 18 hole. BGG juga mengoperasikan hotel lengkap dengan restaurant yang bisa melihat pemandangan lapangan golf.

Nuansa pegunungannya sangat terasa dengan hamparan rumput lapangan golf yang indah. Apalagi kalau menikmati menu makanan di malam hari, lampu-lampu di kota Jatinangor sangat kentara indah.

Fasilitas lain yang disediakan BGG adalah SPA, kolam renang dan ruang meeting room.

Baca Juga  30 Destinasi di Citengah dan Cisoka, Siap menjadi Destinasi Wisata Sumedang Yang Alami, Ini Koordinatnya

Untuk menuju ke lokasi, dari arah Bandung setelah melewati Kampus IPDN dan IKOPIN, ditemukan jalan di antara Kampus ITB dan Unpad. Jalan ini merupakan jalan yang menuju ke Kawasan Bumi Perkemahan Kiara Payung. Nah ikuti saja jalan ini, dan sebelum ke Bumi Perkemahan Kiara Payung, belok ke sebelah kiri ada lokasi Bandung Giri Gahana Golf.

Kampung Karuhun
Kampung Karuhun
  1. Kampung Karuhun

Kampung Karuhun merupakan sebuah obyek wisata yang berada di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang-Jawa Barat.

Lokasinya sekitar 7 km dari pusat Kota Sumedang. Dan untuk menuju lokasi Kampung Karuhun bisa menggunakan bus kecil, mobil pribadi atau ojek. Jalan menuju lokasi cukup bagus.

Sepanjang perjalanan, bisa menikmati perkampungan, pesawahan, sungai dan hutan yang rindang. Pemandangan khas pedesaan bisa ditemukan sepanjang perjalanan.

Dan ketika sampai di Kampung Karuhun, obyek wisatanya sangat mengagumkan. Di pintu masuk ada tempat selfi berupa perahu besar yang menjorok di udara. Lalu ada kolam renang yang airnya bening khas pegunungan.

Masuk lebih ke dalam, pengunjung akan disajikan pemandangan air di sungai Cihonje. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati makan siang di atas air.

Maksudnya, meja makan diletakkan di air sungai Cihonje yang jernih, dengan kaki tetap terendam di dalam air sungai Cihonje, sambil menikmati sajian makan siang khas Kampung Karuhun.

Sambil makan, sesekali bisa melihat surili yang loncat-loncat di atas pohon. Sungguh luar biasa indahnya pemandangan alam di sini.

Bila pengunjung mau menikmati malam, bisa bermalam di kamar-kamar yang bangunannya merupakan bangunan etnik. Dan tentu dilengkapi dengan api unggun.

Baca Juga  Farmhouse Susu Lembang Bandung, Tempat yang wajib dikunjungi

Dan bagi yang akan melakukan pertemuan atau rapat-rapat, juga bisa dilakukan di Kampung Karuhun.

Kampung Ciherang
Kampung Ciherang
  1. Kampung Ciherang

Kampung Ciherang merupakan obyek wisata alam yang berlokasi di Kampung Ciherang Kecamatan Tanjungsari. Dari jalan Raya Tanjungsari, pengunjung mengikuti jalan Cijambu dan terus melewati perkampungan, pesawahan dan pegunungan.

Tidak begitu jauh, sampailah pada obyek wisata Kampung Ciherang. Ketika masuk menuruni jalur jalan, dari atas bukit sudah kelihatan tempat parkir yang indah.

Mau masuk ke area wisata, pengunjung bisa berfoto pada papan nama yang sudah menjadi ciri khas Kampung Ciherang.

Di Kampung Ciherang, pengunjung bisa menikamti kolam renang mini yang alami. Kolam renang dengan mata air pegunungan, pasti akan membuat nyaman dan tenang pengunjung.

Sepanjang area wisata dirimbuni pohon-pohon pinus. Di antara pohon-pohon pinus ada beberapa gazebo dan tempat permainan.

Ada sepeda gantung, ada kuda yang bisa mengelilingi area pohon pinus, arung jeram mini, dan berbagai wahana lainnya.

Di tempat ini juga bisa dilakukan outbound di sekitar lokasi wisata. Dan bagi yang lapar, tempat-tempat jajanan juga disediakan di tempat ini.

Tanjung Duriat
Tanjung Duriat
  1. Tanjung Duriat

Tanjung Duriat merupakan objek wisata yang berada di tepi Waduk Jatigede, Sumedang-Jawa Barat. Lokasinya berada di sekitar Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang-Jawa Barat, tepatnya pesisir Barat Waduk Jatigede.

Areanya meliputi bukit berbentuk memanjang yang posisinya menjorok ke arah waduk. Makanya dinamakan Tanjung, dan ditambah kata Duriat. Maka lahirlah nama obyek wisata Tanjung Duriat.

Obyek wisata ini dilengkapi dengan spot-spot foto yang indah.

Baca Juga  Kampung Wisata Buricak Burinong, Diresmikan Ridwan Kamil

Dari ketinggian Tanjung Duriat bisa menikmati hamparan air di Waduk Jatigede.

Keindahan waduk Jatigede makin terlihat karena adanya pulau-pulau di tengah-tengah Waduk.

Meminjam istilah pejabat Kemen PUPR RI, keindahan Waduk Jatigede seperti Raja Ampat di tengah-tengah Pulau Jawa.

Akan menyesal bila berkunjung ke Sumedang tidak menyempatkan berfoto ria di sini.

Dan untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung bisa melalui Situraja-Pajagan atau melewati jalur jalan Tomo-Jatigede.

Balong Geulis
Balong Geulis
  1. Balong Geulis

Balong Geulis merupakan obyek wisata air yang indah karena dikelilingi pegunungan dengan pepohonan yang rindang.

Balong Geulis lebih tepat sebagai kolam renang raksasa di tengah-tengah pegunungan.

Lokasinya berada di Cibugel Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Dan untuk mencapai lokasi ini, pengunjung dari arah Sumedang atau Wado, masuk melalui jalur jalan ke kecamatan Cibugel. Atau dari arah Garut bisa melalui jalur jalan Limbangan.

Obyek Wisata Balong Geulis bukan hanya menyiapkan kolam renang yang jernih untuk dinikmati sensasi dinginnya, tetapi juga pemandangan sekelilingnya yang indah.

Pemandangan khas pegunungan dengan hamparan air di Balong Geulis akan menghasilkan foto yang sangat indah. Ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi yang suka berfoto ria.

Di Balong Geulis juga disiapkan untuk camping. Dinginnya malam pegunungan dilengkapi api unggun tentu akan memberikan sensasi tersendiri.***

sumber : TiNewss.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *