Kampung Wisata Buricak Burinong, Diresmikan Ridwan Kamil

Buricak Buriong diresmikan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meresmikan Kampung Wisata Buricak Burinong, Selasa 26 April 2022. (Foto: Prokopim/Pupuh)

Tri Jati Travel – Wahana wisata Kampung Wisata Buricak Burinong yang berada di kawasan waduk Jatigede, diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, pada Selasa 26 April 2022.

Berlokasi di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja Kampung Wisata Buricak Burinong kini memiliki fasilitas pendukung baru seperti forest walk, tempat kuliner, spot selfie, take off dan landing paralayang.

Peresmian fasilitas pendukung ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan gunting pita di Pasir Cinta, oleh Gubernur dan Bupati.

Hadir dalam kegiatan ini terpantau ada Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, Ketua DPC PPP yang juga Wakil Ketua DPRD Sumedang Ilmawan Muhammad, serta Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Sumedang Bambang Rianto.

Kampung wisata ini, menurut Ridwan kamil menandakan bahwa Jatigede di masa depan akan jadi wilayah yang akan dikembangkan sebagai wisata bertaraf internasional.

Baca Juga  Ini 5 Destinasi Wisata Sumedang yang Layak di Nikmati, Selama Libur Idul Fitri

“Yang paling istimewa terlihat dari sini adalah Masjid Al-Kamil yang sudah selesai dan Menara Kujang Sapasang yang akhir tahun akan selesai,” kata Emil.

Belum lagi, kata Emil, Sumedang sudah ditunjang dengan aksesibilitas Tol Cisumdawu sehingga  memangkas waktu perjalanan para wisatawan dari luar daerah.

“Dengan adanya Cisumdawu memangkas waktu lebih cepat, tadi saya juga hanya 40 menit perjalanan dari biasanya 90 menit,” ujarnya.

Kang Emil juga berpesan agar pelaku usaha di kawasan pariwisata harus mengutamakan warga lokal sehingga dengan berkembangnya sektor pariwisata ini, perekonomian Sumedang ke depan kan menjadi luar biasa meningkat hanya dalam hitungan tahun.

“Pemprov akan selalu mendukung, demi kesejahteraan masyarakat Sumedang dengan kolaborasi seperti ini. Mudah-mudahan jadi kebanggaan,” tutup Emil.

Ditempat yang sama, Bupati Sumedang menyampaikan terima kasih atas atensi yang luar biasa dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mewujudkan harapan Kabupaten Sumedang untuk memiliki destinasi wisata yang representatif di kawasan Jatigede.

Baca Juga  30 Destinasi di Citengah dan Cisoka, Siap menjadi Destinasi Wisata Sumedang Yang Alami, Ini Koordinatnya

“Terima kasih atas kehadiran, perhatian dan bantuannya untuk Kabupaten Sumedang. Kami bersyukur dan berbahagia apa yang menjadi harapan kami,  dibangunnya Kampung Wisata Buricak Burinong sudah terwujud,” ujarnya.

Untuk diketahui, area take off paralayang dibantu dari anggaran Pemprov Jabar yang terbagi dalam dua tahapan, dimana masing masing tahapan nilainya sebesar Rp. 4 miliar.

Sedangkan untuk pembangunan forest walk, anggaran yang digunakan sebesar Rp. 3 miliar dari provinsi, area kuliner Rp. 4 miliar dan tempat landing paralayang Rp. 1,9 miliar.

“Jatigede bisa menjadi destinasi wisata yang akan menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan sehingga adanya bendungan ini tidak menciptakan kemiskinan baru tapiĀ  bisa lebih mensejahterakan masyarakat,” ujar Bupati.

Baca Juga  Command Center Sumedang, Jadi Destinasi Wisata Baru Untuk Sharing Teknologi Informasi

Arti Buricak Burinong

Dalam tatanan kosakata Sunda ada beberapa kosa kata ajaib yang tidak ada padanannya baik dalam bahasa Indonesia apalagi bahasa Inggris.

Contoh kosa kata ajaib ini, ya buricak burinong. Tidak bisa dijelaskan dengan bahasa Indonesia. Namun demikian, bisa digambarkan baha buricak burinong ini sebagai sesuai yang indah, gemerlapan, warna warni dan sebagainya yang menggambarkan suasana atau hati yang gembira melihat sesuatu yang indah.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *