Sumedang Surga Wisata yang sering terlupakan, banyak cerita tersembunyi didalamnya

Gambar Akhdan 1
Taman Endog, Sumedang

Tri Jati Travel – Sumedang merupakan daerah yang memiliki berbagai jenis wisata dari mulai wisata kuliner, wisata sejarah dan wisata alam. Sumedang ialah salah satu kabupaten yang terdapat di Jawa Barat. Adapun asal usul dari kata SUMEDANG yang berasal dalam kata “inSUn MEdal insun maDANGan”. Insun diartikan “saya” serta Medal berarti “lahir” lalu Madangan defisini dari penerangan.

Jadi dapat disimpulkan asal usul arti dari penyebutan Sumedang ialah “Saya lahir untuk memberi penerangan”. Filosopi dari kata Sumedang tersebut, terimplikasi dengan wisata sejarah, wisata kuliner dan wisata alamnya yang membuat penampilan yang dapat menjadi penerangan untuk yang melihatnya.

Gambar Akhdan 2
Keraton Sumedang Larang

Wisata Sejarah keraton sumedang larang

Pertama sekali yang akan diperkenalkan ialah Kerajaan Sumedang Larang yang merupakan satu diantara kerajaan Islam berpusat pada Tatar Pasundan, sekitaran Kabupaten Sumedang. Kerajaan

Baca Juga  SMKS YAPPRI Sumedang, Lakukan Kunjungan Industri dan Wisata Bersama Tri Jati Travel

Keberadaan kerajaan tersebut menjadi bukti catatan dalam sejarah dan memiliki kekuatan yang sangat berpengaruh dalam kalangan masyrakat sunda terkait penyebaran agama Islam di sekitar Jawa Barat.

Gambar Akhdan 3
Tahu Sumedang

Dari wisata sejarah kita beralih ke wisata kuliner, tentunya tahu sumedang tidak asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Walaupun tahu ini merupakan ciri khas daerah sumedang, namun didaerah maupun dalam bentuk perkotaan terdapat tahu sumedang yang dikomersilkan sebagai jajanan biasanya.

Jika mengulik sejarah dari tahu Sumedang ini sendiri, ceritanya tidak akan terlepas melalui keberadaan imigran yang berasal dari Tiongkok pada daerah Jawa Barat.
Sejarah pada tahu Sumedang ini dimulai oleh imigran Tiongkok yang bernama Ong Kino denganistrinya yang bertempat tinggal di Sumedang, diperkirakan pada awal abad 20-an atau 1900-an

Baca Juga  Wow, Ada Festival Paralayang Di Sumenep, Ini Agenda Lengkap Yang Wajib Kamu Ketahui

Diketahui awalnya Ong Kino membuat tahu tidak untuk dijual, namun untuk membahagiakan istrinya istrinya yang memiliki kerinduan akan tahu sebagai makanan khas tradisional Tiongkok.

Gambar Akhdan 4
Ubi Cilembu, Khas Kabupaten Sumedang

Dari tahu sumedang kita beralih ke wisata kuliner selanjutnya yaitu Ubi Cilembu, Sejarah dari Ubi Cilembu yaitu dari Desa Cilembu yang hampir setengah wilayahnya ialahperkebunan ubi. Ubi Cilembu sudah diketahui keberadaanya pada masa kolonial Belanda.

Gambar Akhdan 5
Wisata Eco Green, Kampung Karuhun

Kampung Karuhun

Titik lokasi wisata ini berada di Kampung Karuhun berada di Jl. Pagarbetis, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pada luas lahan 1,5 hektar dengan ketinggian kira-kira 1.200 mdpl, sehingga perputaran udaranya terasa sejuk

Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk dalam perkotaan, membuat pengungjung merasa tenang dan nyaman untuk berwisata disini.
Fasilitas yang lengkap seperti parkiran, musholla bahkan masjid serta toilet dan penginapan membuat pengunjung tidak perlu cemas.

Baca Juga  Wisata Berkemah di Gunung Puntang

Suasananya yang menyatu dengan alam membuatnya terasa asri dan tentunya wisata ini baik untuk healing anak muda.

Gambar Akhdan 6
Destinasi Wisara Kampung Buricak Burinong

Kampung Buricak Burinong

Wilayah ini dilengkapi dengan Forest Walk, wisata kuliner, serta Obyek wisata Jatigede yang dipentukkan sebagai wisata bertaraf internasional.

Buricak Burinong diartikan dalam Bahasa Sunda sebagai suatu penggambaran untuk suasana yang terlihat menarik dengan adanya tampilan warna-warni yang dapat memanjakan mata.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *